Tuesday, November 13, 2007

Turun-turun...turun-turun

Turun Mesin, secara sudah 10 tahun nggak tahu kondisi daleman mesin si Tomir. Apalagi sekarang sudah sangat ngebul dan tenaga sudah banyak berkurang. Perkiraan teknisi, seal valve sudah mengeras atau ring piston yang sudah terkikis sehingga oli menyusup ke ruang pembakaran.

Sabtu 10 November 2007 si Tomir mulai dibedah di Timor Kp. Melayu, untuk awal di Top OH dulu sekalian melihat kondisi Piston. Setelah head turun barulah terlihat betapa tebalnya kerak yang menempel di kepala piston dan kubah head cylinder.


Piston dah kelihatan saatnya digoyang2, ternyata masih kencang alias belum oblak, cuma bersihin dulu siapa tahu kencangnya karena masih banyak kerak.


Tadaaa, akhirnya bersih juga, dicek lagi goyang2, naik turun sekalian ngelus2 dinding liner, nggak ada baret dan masih dalam kondisi baik. tapi buat jaga2 ai minta supaya piston dicopot biar diobservasi lebih baik.

Tuhkan jadi enak meriksanya sekalian dicuci dan diampelas dikit kepalanya biar tambah kinclong. sekalian bongkar, ring piston diganti saja, masih dengan ukuran standar sekalian metal-metal.Selagi si Rohman sibuk pasang ring sama ngukur2 liner, head cylinder cukup ai bersihin plus amplas sono sini biar alus.Dah, kemaren hari senin ai cek kesono mesin dah naek tapi selang2 bahan bakar sama radiator belom dipasang, janjinya selasa ini selesai, sekalian mau tes draip.

3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Bos, u setting karbu timor, akhirnya bisa beres pake apa ?

2:15 PM  
Blogger Raditya Aditama said...

ya pake karbu timor juga om, cuma maenin spuyer aja, yg cari spuyernya ya itu si Rohman.

6:09 PM  
Blogger Mekanik said...

Sepuyer.a jdi pke ukuran brapa??
Sma 1 liter kuat brapa km??

2:13 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home